Friday 13 November 2015

Guru Penuh Kejutan


Setiap orang suka kejutan, maksudnya kejutan dalam artian postif. Seperti anak-anak yang menunggu ibunya dari pasar dengan membawa oleh-oleh. Harap-harap cemas mereka menanti kejutan apa yang bakal dibawa oleh sang ibu. Meski bukan barang yang mahal, seringkali kejutan seperti itu membawa kesan dan kegembiraan yang mendalam bagi mereka.

Para guru juga dapat membawa kejutan-kejutan kecil untuk para siswanya. Bisa berupa cerita, berita menarik, gambar, video, aktivitas, benda-benda nyata, tebak-tebakan atau hanya sebuah nyanyian. Carilah yang tidak memakan banyak waktu dan dapat menjadi pintu masuk menuju materi yang akan disajikan. Para siswa akan membayangkan pelajaran sebagai sebuah jalan-jalan yang menyenangkan jika anda sering membawakan mereka kejutan.

Untuk memberi kejutan pada seseorang, seringkali kita berpikir terlalu jauh, terlalu mahal, terlalu sulit, terlalu teoretis, terlalu banyak makan waktu dan terlalu-terlalu yang lain. Hingga pada akhirnya oleh-oleh itu urung anda bawakan.  

Menjadi guru hebat dengan penghargaan dan hasil Uji Kompetensi Guru yang sempurna memang sangat sulit. Namun jika anda ingin menjadi guru hebat di mata para siswa saya kira tidak sesulit itu. Cukup sering-sering saja bawakan kejutan kecil yang membuat mereka selalu menunggu kedatangan anda untuk mengajar.

3 comments:

Rekomendasi