Sunday 15 November 2015

Guru Membanggakan Sejak Pandangan Pertama


Siswa pasti menginginkan guru yang membanggakan mereka. Yang dapat menjadi idola, tidak hanya dari aspek keilmuan, tapi sejak pandangan pertama. Tiap-tiap individu guru mewakili harapan seluruh siswa di sekolah. Jangan abaikan harapan itu. Berusahalah untuk menjadi guru yang dapat mereka banggakan, mulai dari kelas hingga saat mau tidur di rumah. 

Tugas guru memang berat. Karena pada usia sekolah, figur dambaan anak-anak beralih dari orang tua di rumah menuju para guru yang mengajar mereka di kelas. Ratusan kali ucapan orang tua sering kali mereka kurang perhatikan, tapi satu kali guru berkata anak-anak itu langsung beraksi. Bagi anda yang memiliki anak pasti sering mengalami hal tersebut. Bronfenbrenner menyebutnya sebagai perluasan ekologi sosial anak.

Guru yang membanggakan sejak pandangan pertama tidak hanya memikirkan pelajaran dan pelajaran saja. Guru-guru harus juga bercermin sambil bertanya pada diri sendiri, "sudah cukup membanggakankah saya?" Lihat baju, celana atau rok dan sepatu yang anda gunakan. Pantaskah? Kebanggaan dan kepantasan tidak lahir dari harga yang mahal tapi kebersihan, kerapian, dan kesesuaian. Tubuh anda lebih-lebih juga harus benar-benar terawat.

Gaya berbicara guru semestinya menampakkan kepercayaan diri, keluasan wawasan dan kehangatan. Tidak memalukan seperti orang-orang yang tidak terpelajar. Guru adalah semesta anak sejak kaki mereka menginjak gerbang sekolah. Mereka ingin guru yang membanggakan sejak pandangan pertama, karena ingin menjadi bagian dari kebanggaan itu. Dari kebanggaan itu mudah-mudahan akan lahir para pembaharu yang mengharumkan bangsa ini. Amin.

2 comments:

  1. :-) Saat melihat foto ini... senyum yg muncul pertama kali. I'm so proud of you Mr.Habibi... betul sekali ituuu pak... Sy banyak pakai cara dan gaya mengajar bpk pada murid-murid sy. Modelling is so usefull and also with good statements.

    ReplyDelete
  2. Saya juga banyak belajar dari interaksi dengan setiap mahasiswa ... be great Yanti ..

    ReplyDelete

Rekomendasi