Friday 6 November 2015

Guru Tidak Takut Berkreasi


Semua guru menyatakan keinginan untuk menjadi kreatif mengajar dan menyenangkan siswa belajar. Namun sebagian besar menyangka bahwa kreativitas adalah barang langka, mahal atau bahkan ajaib. Tidak mungkin mereka peroleh di sekolah atau rumah yang begitu-begitu saja. Padahal kalau kita lihat cerita orang-orang kreatif, juga tidak berbeda jauh dengan kita. Kreativitas justru dibangun di atas barang-barang usang, momen-momen biasa atau bahkan sampah. Einstein sang profesor dunia bahkan menyatakan, "imajinasi jauh lebih penting dari pengetahuan."

Kita tidak kreatif sebenarnya karena terlalu takut. Pada kegagalan, cemoohan, menjadi aneh, atau energi dan waktu yang sia-sia. Gagal tidak pernah ada bagi usaha untuk kebaikan, kesalahan-kesalahan justru tempat kita belajar. Cemoohan karena menjadi lain dari mereka pada akhirnya akan membiasa dan sirna. Percayalah, energi dan waktu anda akan lebih sia-sia jika hanya terkurung dalam rutinitas. 

Jangan takut pada bayang-bayang. Karena semua kengerian itu hanya ciptaan anda sendiri. Tirulah anak-anak yang dengan suka hati berimprovisasi pada hidup mereka setiap hari. Tapi jangan paksakan diri, buat jeda yang akan membuat energi anda tidak cepat habis. Dan jangan lupa niatkan untuk ibadah.

3 comments:

Rekomendasi