Saturday 5 December 2015

Guru Jangan Terjebak Kata Paham


Penjelasan yang cukup memakan energi, karena seringkali guru harus teriak, biasanya diakhiri dengan sebuah pertanyaan, "sudah paham anak-anak?" Jawabannya sudah hampir bisa dipastikan, "pahaaam." Guru pun tersenyum puas.

Cerita di atas adalah potret sehari-hari kejadian di banyak kelas. Apa yang guru lakukan (mengecek pemahaman siswa) itu sudah baik, namun belum lengkap. Karena kata paham yang para siswa ucapkan di saat-saat seperti itu kecenderungannya adalah reflek, alias tidak benar-benar dipikir terlebih dahulu. Guru tidak boleh terjebak. Karena pekerjaan yang sudah banyak menguras energi dan pikiran selama dua jam itu bisa musnah sia-sia karena siswa belum paham dan akhirnya melupakannya. 

Bertanya apakah siswa sudah paham adalah strategi yang baik untuk mengajarkan kemampuan evaluasi diri (istilah kerennya kemampuan metakognitif). Namun jawaban sudah paham dari siswa bukan akhir dari pertanyaan tersebut. Guru sebaiknya meneruskannya dengan pertanyaan-pertanyaan lanjutan mengenai materi yang telah dijelaskan. Selain memastikan pemahaman siswa, guru juga dapat menunjukkan kepada mereka bagaimana pemahaman yang sebenarnya mereka miliki. Pada proses itulah kemampuan "melihat diri" menjadi lebih terasah.

Reflek siswa untuk cepat mengatakan paham sebenarnya memiliki tiga arti. Yang pertama adalah wujud rasa lelah atau malas mereka melanjutkan aktivitas pelajaran. Kedua adalah ketidaksadaran akan kemampuan diri yang sebenarnya. Yang terakhir tentu saja yang benar-benar telah paham. Untuk karakter pertama dan kedua sungguh berbahaya jika terus berlanjut, karena itulah sumber banyak kegagalan yang akan mereka hadapi. Guru sebaiknya lebih berhati-hati.

Teknik-teknik dasar seperti ini adalah teknik sederhana yang semua guru saya yakin mengetahuinya. Namun kebiasaan siswa, rasa lelah dan sedikitnya waktu bisa jadi membuat reflek menjadi puas dengan jawaban paham mereka akhirnya membiasa. Sebelum akhirnya, di saat perjalanan pulang atau ketika mengoreksi pekerjaan siswa, muncul pikiran sadar itu. "Apa benar mereka sudah paham ya?"

Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Rekomendasi